AKU NGEBLOG (lagi) KARENA AKU ADA… (1)

REFLEKSI JEJAK AKHIR TAHUN 2009 (1)


Akhirnya di awal tahun 2010 ini saya bisa menyapa para sahabat blogger dan menengok blog saya lagi setelah berbulan-bulan lamanya saya biarkan terbengkalai. Barangkali seperti halnya kebiasaan orang-orang yang tidak pandai memenej waktu seperti saya, sayapun berusaha mencari “pembenaran” dari aktifitas “safari keliling” (sindiran sahabat saya di Facebook) yang telah saya jalani.


Semester 1 tahun pelajaran 2009/2010 merupakan bulan-bulan yang sangat membuat saya (sok) sibuk luar biasa. Belum selesai “kontrak” saya di Program Sertifikasi Jalur Pendidikan UNY saya sudah harus memegang amanah untuk mengajar 24 jam di sekolah sementara ujian akhir sertifikasi juga memerlukan persiapan yang tidak kalah penting. Sejak saat itu saya sulit membagi waktu sehingga tidak bias menuliskan jejak-jejak aktifitas saya di blog.


Maklum sambil mempersiapkan ujian di UNY saya juga menyempat-nyempatkan diri untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menyiapkan laporannya untuk mengadu nasib di LKG 2009 yang ternyata deadline 30 Agustus (dimajukan 1 bulan disbanding tahun 2008). Meski merepotkan ternyata even-even semacam LKG kok sayang untuk ditinggalkan. Belum lagi dapat info baru lomba yang lain lagi yaitu Lomba Kreasi dan Inovasi Media Pembelajaran SMP TK Nasional dan Lomba Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran tingkat Propinsi yang deadlinenya bareng tanggal 30 September 2009. Namanya trial error saya mengirimkan naskah untuk ketiga evn sekaligus. Alhamdulillah meski dengan susah payah dan harus begadang di bulan puasa, dengan hasil karya yang tidak saya bisa mengirimkan naskah “tepat waktu” (pas batas akhir pengirman).


Sedikit lega bisa istirahat beberapa hari, disusul kegiatan pemberdayaan MGMP Matematika di mana saya kejatah untuk mengisi materi TIK termasuk mengajak guru GO BLOG. Meski modal pengetahuan pas-pas-an alhamdulilah para peserta juga merasa puas dan saya berhasil memprovokatori rekan-rekan saya di Solo agar tidak gaptek. Alhamdulillah di antara mereka banyak yang berlanjut sharing di email dan facebook, dan berdiskusi masalah pembelajaran matematika.


Di sela-sela itu ternyata dapat mandat untuk mewakili koperasi sekolah mengikuti Bimbingan Teknis Pengurus Koperasi di Semarang dilanjutkan kunjungan lapangan ke Kab. Pati Rembang dan Kudus (19 – 24 Oktober 2009). Belum sempat pulang ke rumah dah nyusul pemberitahuan lagi untuk “Pengukuhan sebagai Guru (Insyaallah) Profesional” di UNY tanggal 26 Oktober 2009.


BERSAMBUNG...

5 komentar:

arumsekartaji mengatakan...

Untuk Jeng Mulyati Solo bisa baca buku reiki yang lebih Islami dengan jdudul Mujizat Tasawuf Reiki karya Syamsul Bakri seorang santri Klaten lulusan IAIN yang mendalami spiritualisme reiki ditinjau dari Islam. Ada juga buku reiki karya Ciptadinata Effendi dan Irmansyah Effendi MSc/Reiki Tao karya Khusnul Hadi/Inti Reiki karya Dr. Riki Rahardian/Hidup Sehat dengan Reiki dan Energi Non Reiki karya Prof. Dr. Sutan Remy Syaedeni SH.
Buku-buku ini tersedia di toko buku GM di Jalan Slamet Riyadi Solo sebelah barat Prapatan Ngapeman
Karena buku ini laris manis dan cetak ulang maka manfaat Reiki sangat terasa bagi orang yang sakit dan ingin sembuh dan tentu saja belajar dan praktek reiki.
Di Solo sendiri banyak rekan praktisi reiki yang mengajar reiki dan mempraktekkan reiki untuk kebaikan sesama.

Asih Winarti mengatakan...

maaf bu...menurut saya koment anda cenderung merendahkan diri meninggikan mutu alias membanggakan diri...kenapa blog anda tidak digunakan untuk berbagihasil tulisan anda saja, atau berbagi pengalaman : Bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa...BUKAN Bagaimana meningkatkan Prestasi Guru saja...Sehebat apapun seorang guru jika tidak mampu meningkatkan prestasi belajar siswa apalagi mampu mengilhami pemikiran siswa..ya percuma membanggakan prestasi sendiri..Orang yang berguna adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain..Maaf lho Jeng...

Asih Winarti mengatakan...

Ni jadi komentar lagi..revisikoment sebelumnya...sth ku baca kok kurang pas. Maksudnya...kenapa blog anda tidak memuat hasil karya anda...kok cuma cerita perjalanan anda...jika memuat hasil karya anda yang hebat itu kan bisa bermanfaat buat orang lain...Syukur-syukur sharing pula tentang: bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa ...gitu lho Jeng..Se 7 ???

Mulyati mengatakan...

@Arumsekartaji: Maturnuwun mbak Arum atas semua informasinya... semoga bisa menambah pengetahuan saya...

@Biomasihwinarti:
Pertama,terimakasih Ibu yang sudah berkenan mampir di blog saya,

Kedua, terimakasih atas kesediaan Ibu meluangkan waktu untuk mengomentari apa yang saya tulis di blog ini dengan analisis/pendapat Ibu yang mencerahkan dan insyaallah bisa menambah wawasan dan refleksi bagi saya yang masih
dalam taraf belajar bagaimana menjadi seorang guru yang baik

Ketiga, terimakasih atas penilaian Ibu yang begitu kritis terhadap posting saya, bahwa apa yang saya sampaikan sebagai sesuatu yang membanggakan diri sendiri...
Namun saya ingin menyampaikan sedikit klarifikasi kepada Ibu, bahwa apa saya tulis tidak ada niatan membanggakan diri tetapi sebagai cara saya menyapa sahabat-sahabat blogger saya yang telah sekian lama saya tinggalkan. Barangkali karena saya belum sehebat Ibu dalam menyampaikan sesuatu dalam bahasa verbal sehingga terkesan membanggakan diri sendiri... Toh andaikan kesan itu ada semata-mata berniat untuk memotivasi teman lain untuk terus maju dan berprestasi, karena saya berpikir bahwa untuk memajukan dan memotivasi orang lain (murid) berprestasi maka omongkosong kalau diri sendiri tidak berusaha untuk maju.

Keempat, untuk sharing pengalaman atau karya saya rasa tidak banyak ibu yang bisa saya sampaikan di blog ini, karena memang sekolah saya muridnya biasa-biasa saja secara akademik tapi menonjol di bidang olahraga. Linknya juga sya tautkan di Sepurar Solo.
Rupanya Ibu belum sempat ya menelusuri semua tulisan yang ada di sini dan link-link yang saya tautkan... Barangkali kalau ibu mau, bisa membaca karya saya di site-saya atau di karya lomba(tapi maaf barangkali masih sederhana, dan tidak sesuai harapan ibu). Beberapa karya belum bisa saya upload karena besarnya file. Saya juga sering mendapat permintaan dari teman untuk berbagi, dan saya tidak keberatan beberapa yang menginginkan saya kirim dalam CD
Demikian Ibu,dan saya berharap Ibu berkenan membimbing saya dan membagi pengalaman bagimana menjadi guru yang baik seperti Ibu sehingga bisa memotivasi murid saya untuk berprestasi.
Terimakasih

lingkungan kita mengatakan...

berbagi..sepanjang itu informasi atau hal-hal yang baik..akan sangat berguna sekali..