Sekolahku, Guruku: 24 Tahun Lalu dan Selamanya

NOSTALGIA SEKALIGUS BERBAGI PENGALAMAN

Pengalaman  indah  yang tidak akan pernah terlupakan dalam hidup saya karena pada Rabu, 8 Desember 2009 dan 3 Maret 2010 saya mendapat kesempatan langka bernostalgia di sekolah saya dulu karena saya diundang oleh MGMP Sanggar 10 Wonogiri untuk berbagi pengalaman menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kegiatan MGMP BERMUTU (Better Education through Reformed Management and ersal Teacher Upgrading) yang kebetulan dipusatkan di SMP N. 1 Purwantoro.
Dari sekian jenjang sekolah yang sempat saya lalui, di sekolah inilah saya merasa "besar".. Bagaimana saya tidak merasa "besar" karena di sekolah ini pula masa-masa "kejayaan" saya raih, tepatnya sekitar 24 th lalu. Ya, di sekolah ini mulai kelas II saya sempat mencapai puncak prestasi tertinggi. Saya masih ingat ketika kelas II saya sempat mendapat peringkat I paralel hingga saya mendapat hadiah yang luar biasa (pada waktu itu), yaitu bebas SPP selama 6 bulan. Kalau tidak salah ingat waktu itu per bulannya hanya Rp3.000,00. Dan masih terbayang jelas ekspresi kebanggaan Bapak saya ketika rapat walimurid, namanya disebut-sebut.
Meski saat kelulusan nilai saya jatuh tapi alhamdulillah saya masih menduduki peringkat 7 besar paralel, dan saya bisa dengan mudah melenggang masuk sekolah favorit di Ponorogo yaitu SMA I. Meski Bapak saya harus susah payah ngurus ijin  Semarang –Surabaya, karena lintas propinsi.

Di SMP dulu semua pelajaran saya suka karena saya merasa semuanya menyenangkan, mulai Mengetik, Karawitan, Bahasa Indonesia (terutama sastra), IPA, IPS  sampai Bahasa Inggris dan Matematika. Dua pelajaran terakhir inipula yang sering membuat saya  “tersipu-sipu” dipuji karena sering mendapat nilai terbaik.
Tetapi yang sering membuat saya malu adalah  pada pelajaran IPS saya pasti mendapat nilai yang rendah untuk nilai murni. Meski saya sudah berusaha belajar sampai ngumpulin soal-soal penyelesaian  waktu itu saya tidak pernah mendapat nilai yang baik di pelajara ini. Padahal wali kelas saya waktu itu (Pak Mulyono) mengampu IPS. Bapak saya waktu itu juga sempat merasa “pekewuh” kala mengambil raport karena nilai IPS saya selalu terjelek di antara mapel lainnya. Di nilai EBTA NAS murni saya pun nilai IPS saya terjelek. Entahlah, saya sendiri juga heran meski belajar keras selalu saja nilai IPS saya yang terjelek.
Untuk Matematika di SMP dulu adalah pelajaran yang paling mengesankan. Tanpa mengabaikan jasa guru-guru Matematika yang lain, guru saya waktu itu (Pak Tanto) yang paling membuat saya berkesan. Beliau mengampu kelas saya saat saya kelas III. Dengan gaya dan caranya yang inovatif pelajaran Matematika bukan sesuatu yang menakutkan bagi saya dan teman-teman waktu itu. Satu hal yang sampai sekarang saya dan teman-teman masih ingat adalah cara beliau menyampaikan konsep Trigonometri tentang nilai-nilai Trigonometri Sin, Cos dan Tangen di tiap kuadran. Waktu itu untuk memudahkan kami mengingat nilai-nilai yang positif di tiap kuadran beliau membuat singkatan Co Tang Si Al, yaitu nilai-nilai positif mulai dari kuadran IV. Nilai-nilai itu mudah sekali diingat karena Co Tang (dibaca “kotang”, dalam bahasa Jawa “kotang” (maaf) sangat familiar dan berarti pakaian dalam (BH). Meski terkesan negatif tapi ternyata singkatan itu dulu banyak membantu teman-teman saya dalam menyelesaikan soal-soal Matematika (Trigonometri).
Sebenarnya banyak kisah-kisah lucu, menarik dan mengisnpirasi saya ketika SMP dulu, dan kisah-kisah itu kini ketika saya baru saja ketemu lagi dengan beliau-beliau sungguh masih tergambar jelas.  Dan kebanggaan beliau atas apa yang saya capai sekarang ini adalah apresiasi yang luar biasa untuk saya selain doa restu beliau-beliau yang rela datang di hari pernikahan saya 10 tahun lalu.
Ketika bertemu kembali dengan beliau saya merasa, ternyata menjadi guru bisa awet muda. Nyatanya kala saya ketemu guru-guru saya, sepertinya masih sama dengan yang saya temui 24 tahun lalu. Apa muridnya yang cepet tua, entahlah. Yang jelas dari beliau-beliau inilah sampai saya bisa begini. Terimakasih Bapak/Ibu Guruku, engkau telah mengantarkanku mengikuti jejakmu yang sungguh mulia. Semoga jasamu menginspirasiku selamanya.

12 komentar:

TKB mengatakan...

Weh, njenengan ki jebule ka Wonogiri to mbak? Apa ora Klaten omahe?

Mulyati mengatakan...

@TKB: Lha wong genah bocahe ANGGUN (Anak Nggunung...he..he) ngene kok seko Klaten...Dongakke wae ya iso tuku omah neng Klaten..

Fanda mengatakan...

Wah guru mbak awet muda ya berarti? Senangnya bisa nostalgia...

Mbak, kalo mau ikutan even buku gratis di Vixxio, bisa sampai 31 Maret kok. Monggo kalo pengen ikut...

ajeng mengatakan...

Saya juga selalu heran dengan para guru saya Bu. Kok sepertinya tidak banyak berubah ya..
Duh, kita banyak berhutang budi dg beliau-beliau..

Mulyati mengatakan...

@Mbak Fanda: Iya tuh mbak... gurunya yang awet muda atau muridnya yang cepet tua ya..
O ya makasih tawarannya ya ntar ikut ah..
@Mbak Ajeng: Betul tuh mbak ... jadi malu kalau dulu kita sering bikin ulah.. kadang kalo murid sekarang nakal kayak jd refleksi diri sendiri

Sungkowoastro mengatakan...

Selama 24 tahun terbang jauh melayang-layang, ternyata dapat hinggap sementara juga di tempat lama. Salam kekerabatan.

sawali tuhusetya mengatakan...

wah, jadi sebuah kenangan yang sulit terlupakan, bu. alangkah senangnya bisa kembali berada di tengah2 kehidupan masa kecil dulu ketika usia sudah makin jauh meninggalkan masa2 silam. sukses selalu buat bu atik.

Mulyati mengatakan...

@P Sungkowo: makasih Pak... salam kekerabatan juga...
@P Wali: betul sekali Pak... kenangan yang tak terlupakan sekaligus sebagai wahana untuk merefleksi diri...

wong jogja mengatakan...

jadi ingat waktu masih sekolah.. rasanya pengen jd anak sekolahan lagi deh.. btw lam kenal bu

http://www.metris-community.com/

Penggemar Cerpen mengatakan...

tak ada istilah bekas guru..
guru adalah selamax guru...

日月神教-任我行 mengatakan...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,性感影片,正妹,聊天室,
情色論壇

sri mengatakan...

Apa kabar bu?