Gedung Baru, Semangat Baru...dengan Pelayanan Baru

DINAS DIKPORA KOTA SURAKARTA
Solo, Jum'at 1 Pebruari 2013
      Alhamdulillah... Akhirnya setelah sekian lama bersumpek ria di gedung Dinas Dikpora yang lama, di Jalan Hasanudin Surakarta, akhirnya Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga kota Solo (Dinas Dikpora) akhirnya bisa menempati gedung baru yang lebih representatif yaitu di Jl. DI Panjaitan No 7 Surakarta atau depan SMP Negeri 4 Solo.
      Proses peresmian gedung yang dibangun menghabiskan dana 6 M lebih tersebut dilakukan pada hari Jum'at tanggal 1 Pebruari 2013 dengan dua tahapan acara yaitu pagi dan malam hari. Pagi merupakan acara inti Peresmian Gedung Baru  yang diadakan mulai pukul 07.30 WIB yang dihadiri oleh Walikota Solo, FX Rudy Hadiyatmo, Kepala DPRD Solo, YF Sukasmo dan jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah, Drs. Nur Hadi Amiyanto, Kepala Dinas Dikpora Surakarta, Drs. Rakhmat Sutomo, M.Pd dan jajarannya. Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah (TK, SD, SMP, SMA, SMK) Se Surakarta, para pensiunan pejabat Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dewan Pendidikan, dan para pemerhati pendidikan di Surakarta.
     Prosesi peremian pada siang hari dimeriahkan oleh pertunjukan Wayang Kulit oleh dua dhalang cilik, yaitu Canggih Tri Atmojo Krisno (12 tahun) dan Magistra Yoga Utama (14), keduanya merupakan siswa SMP Negeri 3, dan SMP Negeri 4 Solo. Pagelaran wayang tersebut merupakan kolaborasi dua dhalang cilik tersebut dengan menyajikan lakon Gatotkaca Lahir. Para pengrawit dan sindhen yang berjumlah 30 orang juga berasal dari kalangan pelajar  SMP Negeri di kota Solo dengan koordinator  Bp. Drs. Joko Setyo Budi, yang merupakan Pembina MGMP Kesenian Daerah SMP di Solo sekaligus Kepala SMP Negeri 23 Solo.
    Pada malam harinya masih dilanjutkan dengan acara Tasyakuran, juga dengan menyajikan pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Semar Boyong oleh ki djhalang Purbo Asmoro. Acara diawali dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan secara simbolik Wayang Semar oleh Walikota Surakarta kepada ki Purbo Asmoro.