DIKLAT SUPERVISI LP2KS

Hotel Lor In Solo, 28 Mei - 2 Juni 2012
Sebuah kesempatan yang luar biasa kami 24 kepala Sekolah dari SD, SMP, SMA/MA/SMK di  Solo dan satu orang kepala sekolah dari Kabupaten Paser Kalimantan Timur mendapat kesempatan dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia untuk mengikuti Diklat Pengembangan Ketrampilan Supervisi Kepala Sekolah In-1. Diklat tersebut direncanakan dengan pola 300 jam model In-On-In.  Diklat ini sama polanya dengan diklat yang pernah saya ikuti sebagai calon kepala sekolah dulu, dan kebetulan saya satu-satunya peserta calon Kepala Sekolah dari SMP waktu itu  angkatan pertama yang  mendapat kesempatan dari LPPKS.
Pada kesempatan Diklat Supervisi In-1 selama 1 minggu tersebut dikupas tuntas tentang teori-teori supervisi yang dibagi dalam beberapa kegiatan belajar antara lain:
1. Dimensi Kompetensi Supervisi Akdemik
2. Konsep Supervisi Akademik
3. Konsep Supervisi Klinis
4. Konsep Supervisi Berbasis Quality Assurance
5. Konsep Evaluasi dan Tindak Lanjut Hasil Supervisi
Setelah Diklat In-1 akan dilanjutkan On the Job Learning (magang) selama 3 bulan, di mana peserta diklat diharapkan dapat menerapkan konsep yang diterima dalam bentuk diklat lapangan dengan melakukan supervisi terhadap guru di sekolah yang dipimpinnya masing-masing. Supervisi untuk jenjang SMP/SMA diharapkan dilakukan terhadap 4 orang guru mapel UN, masing-masing sebanyak 2 kali dengan satu diantaranya merupakan supervisi klinis. Setelah 3 bulan program dilanjutkan dengan laporan hasil OJL untuk masing-masing peserta, dan dipresentasikan di depan tim penilai. 
Dalam waktu yang bersamaan diklat di hotel Lor In, juga diselenggarakan diklat Leadership, dan diklat Manajerial Kepala Sekolah.