Jawaban Pertanyaan

JAWABAN PERTANYAAN REKAN SEJAWAT (Ibu Eni Rohayatun)

1. Bagaimana mengelola kelas yang baik?
Jawab:
Langkah-langkah mengelola kelas yang baik adalah:
a. Menciptakan lingkungan belajar yang bersifat menantang rasa ingin tahu siswa, memberikan rasa aman, nyaman dan kepuasan saat siswa belajar;
b. Mengembangkan kemampuan siswa dalam menggunakan alat-alat belajar, menyediakan kondisi-kondisi yang memungkinkan siswa bekerja dan belajar secara efektif sehingga siswa termotivasi untuk belajar
c. Membimbing pengalaman-pengalaman siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk sedikit demi sedikit mengurangi ketergantungannya pada guru sehingga mereka mampu membimbing kegiatannya sendiri dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran;
d. Guru harus berperan sebagai mediator dan fasilitator yang dapat mendorong berlangsungnya interaksi sosial maupun pribadi yang baik dan menumbuhkan hubungan yang positif dengan para siswa.

2. Apa saja alat peraga pola bilangan?
Jawab:
Alat peraga yang dapat digunakan untuk mengajakan pola bilangan:
a. Batang korek api yang dapat disusun dalam berbagai bentuk misalnya bentuk barisan segitiga berikut:




Pola bilangan di atas adalah 3, 9, 18, 30, …

b. Benda nyata dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bola yang dapat disusun dalam bentuk sebagai berikut:





Pola di atas merupakan pola bilangan persegi atau pola bilangan kuadrat
1, 4, 16, ...

3. Bagaimana membangkitkan semangat belajar anak?
Jawab:
Langkah-langkah membangkitkan semangat belajar anak adalah ...
a. Menumbuhkan keyakinan dalam diri siswa bahwa siswa mampu dan bisa menguasai materi yang diajarkan;
b. Menciptakan ruang kelas (ruang belajar) yang kondusif, misalnya tata ruang kelas tidak harus ditata dengan cara formal agar siswa lebih rileks dalam belajar.
c. Menghargai dan menilai ide-ide, cara berfikir dan sikap siswa terhadap pembelajaran.
d. Menekankan bawa belajar merupakan aktivitas yang harus dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus.
e. Mengakhiri pelajaran dengan sesuatu yang istimewa atau membuat penasaran anak.

4. VTR yang pernah ditayangkan, mohon ditayangkan kembali!
Jawaban:
Penayangan kembali merupakan kewenangan Pak Marsigit


5. Bagaimana menyampaikan apersepsi dengan VTR (Contoh)?
Jawab:
Untuk menyampaikan apersepsi dalam VTR, maka dapat dilakukan dengan pemberian motivasi kepada anak tentang keterkaitan materi yang kita ajarkan. Misalnya ditampilkan tayangan video yang dapat membangkitkan semangat siswa atau tayangan video tentang keterkaitan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari.

6. Apakah pada waktu pendahuluan (dalam RPP) untuk memotivasi anak harus ada keterkaitan dengan materi yang kita ajarkan?
Jawab:
Untuk memotivasi anak dalam pendahuluan RPP harus ada keterkaitan materi yang kita ajarkan, karena dengan adanya keterkaitan pemberian motivasi tersebut anak akan semangat belajar dan mengerti manfaat belajar materi yang diajarkan tersebut?

7. Bagaimana melibatkan siswa dalam pembelajaran yang baik?
Jawab:
Cara melibatkan siswa dalam pembelajaran yang baik adalah:
a. Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan tidak menakutkan bagi anak sehingga anak tidak tertekan,
b. Menciptakan pembelajaran matematika yang menarik dan menyajikan masalah-masalah kontekstual dan realistik yang dekat dengan kehidupan siswa.
c. Memberikan bantuan dan dorongan kepada siswa sehingga memungkinkan siswa memecahkan masalah, menyelesaikan tugas atau mencapai sasaran yang diharapkan sehingga siswa tidak merasa putus asa.
d. Memonitor partisipasi siswa di dalam pembelajaran dan memutuskan kapan dan bagaimana untuk mendorong setiap siswa agar berpartisipasi.
e. Mengajak siswa untuk mengungkapkan ide dan gagasan mereka, dan dengarkan ide serta gagasan mereka dan bukan mengevaluasi ide dan gagasan mereka.
f. Menyarankan siswa yang lebih paham untuk menjelaskan/membimbing teman-temannya.

8. Apa saja alat peraga kesebangunan?
Jawab:
Peraga kesebangunan dapat menggunakan benda-benda di sekitar kita, misalnya: bingkai foto (lukisan) dengan foto/lukisannya, atau gambar/foto dengan benda aslinya.

9. Contoh RPP yang banyak melibatkan anak (guru tidak dominan)
Jawab:
RPP yang banyak melibatkan anak dan guru tidak dominan adalah:
a. RPP yang memungkinkan terjadinya interaksi siswa dengan siswa, bukan siswa dengan guru.
b. RPP yang memuat pengembangan kegiatan secara hirearkis dari yang mudah ke sulit, dari sederhana ke kompleks.
c. RPP yang memuat kegiatan belajar (tugas-tugas) yang berbeda bagi setiap siswa.
d. RPP yang memuat pembagian kelompok secara heterogen, sehingga siswa yang lebih mampu dapat membimbing yang kurang mampu.
.
10. Contoh VTR yang siswanya setingkat SMP?
Jawab:
VTR yang siswanya setingkat SMP merupakan kewenangan Pak Marsigit atau bisa browsing sendiri di intenet.

Tidak ada komentar: