Dari Sahabat untuk Sahabat (2)

Award Lagi dari Pak Guru Kimia

Masih keberatan mboyong award dari Mas Willy, berikutnya saya menerima award lagi dari Pak M. Yuliawan (blog FATAMORGANA).Pak Guru Kimia ini mengestafetkan award 2 sekaligus, yang beliau peroleh dari dari JengSri yang nun jauh di Dublin Irlandia. Karena jauh di negeri orang Jeng Sri ini sampai-sampai ngidam kangkung.

Dan saatnya mengerjakan PR….

ALASAN SAYA NGEBLOG

Seperti alasan saya sebelumnya bahwa ngblog adalah paksaan dari Dosen untuk posting komentar/refleksi dari tulisan-tulisan beliau. Lama kelamaan ternyata ngeblog bisa mengobati saya dari kejenuhan akibat rutinitas pekerjaan, jenuh akibat murid-murid saya kurang bersemangat ketika saya bimbing, jenuh karena lingkungan kerja yang statis. Dengan ngeblog saya tidak sengaja bertemu dengan komunitas baru yang sangat fair, karena tidak mempunyai kepentingan apapun selain menjalin persahabatan. Ngeblog membuka jalinan persahabatan yang tanpa pamrih meski kita hanya bersua di dunia maya…namun kalau ndak ketemu sehari saja kok rasanya kangen sekali....

Ngeblog juga yang membantu saya untuk selalu menjadi manusia pembelajar, menghargai ide dan pendapat orang lain, dan respek terhadap diri sendiri… Karena sebelum ngeblog saya selalu berpikir ideal, darpada nulis asal-asalan lebih baik tidak sama sekali. Hingga dampaknya sejak saya jadi guru (1997) sampai 2005 saya memang tidak merasa melakukan dan menghasilkan apapun. Padahal banyak peristiwa yang saya alami biisa menjadi inspirasi saya… Baru tahun 2005 saya berusaha bangun dari "ketidaksadaran" dan saya belajar menulis. Dan Alhamdulillah saya menghasilkan sesuatu. Sayang karena lingkungan kerja yang kurang mendukung motivasi saya timbul tenggelam. Beruntung sedikit-sedikit penyakit saya sudah berangsur-angsur saya kikis… Sekarang dengan ngeblog saya merasa menghargai sekecil apapun yang telah saya lakukan.

Ngeblog saat ini juga mengurangi hobi saya beli buku (meski kadang tidak sempat saya baca semua, he...he..) Dan ini yang dari dulu sudah membebani saya (maklumlah guru). Dulu saya sering ngiler kalau ada buku-buku bagus.Bahkan pingin baca bukunya Steven Covey (Eight Habbits) sampai ketunda-tunda karena menurut ukuran saya buku itu harganya mahal.

O ya meski saya guru matematika saya tidak membatasi diri menekuni pelajaran yang masih dianggap momok itu. Saya juga seneng membaca buku-buku aneka manajemen (Nih bagiannya mas E-je) maupun psikologi, pengembangan diri… dan bahkan novel/sastra. Termasuk juga mengkoleksi semua novelnya Tetralogi Laskar Pelangi…Karena saya berpikir matematika itu bersifat universal tidak harus selalu identik dengan hitungan, rumus-rumus dan angka-angka … Ini yang ingin saya ajarkan pada murid-murid saya.

Sekarang dengan ngeblog justru saya tidak sengaja mendapat pengetahuan-pengetahuan gratis dan e-book yang saya peroleh secara tidak terduga dari postingan atau koleksi para para bloggermates. Salah satu bloggermates yang menjadi narasumber saya adalah Pak M. Andy Rudhito yang dengan suka rela memberi beberapa e-book koleksi beliau. Beliau juga mau bersusah payah mencarikan sumber/referensi jika saya sambati sewaktu-waktu Dan tentu saja tidak kalah penting sumber-sumber lain postingan rekan-rekan bloggermates.

Oleh karena itu tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap bloggermates yang berjasa membimbing dan membantu saya, sebagai jalinan persaudaraan dan motivator award ini saya persembahkan untuk:

  1. Pak Tri Mulyono Edi Saputro, rekan saya di program Sertifikasi yang sangat ringan tangan dan baik hati (Please come back to blog...)
  2. Wisnu, "murid baru" saya yang kemarin belum kebagian award... (Maafkan bu Guru ya... habis kemarin ndak ikut ulangan sih...)
  3. Krisna, adikku si imut satu almamater di kota Reyog... semoga tambah rajin belajar.
  4. Mas Sumadi, sahabat baru saya... Terus berkarya.. (Maaf ya, sudah kunbal nulis coment berkali-kali ndak bisa masuk... Mohon dimalkumi masih gaptek).

11 komentar:

JengSri mengatakan...

selamat,selamat untuk awardnya ya Mbak Mul! SEMANGAT!!!

e-je mengatakan...

wah selamat bu dah dapat award lagi..
salut buat ibu...
mudah-mudahan saya ketularan semangatnya dan juga bisa membuka pikiran saya juga bu..
thanks

wisnoee mengatakan...

Ibu guru baik sekali, jadi terharu.. saya ini belum pantes dapat award. Wong blog aja masih seumur jagung. Tapi terima kasih sekali atas awardnya. Hidup ibu guru !!

DE mengatakan...

wah mbak lagi banjir awards ya ... selamat !

ajeng mengatakan...

Salam.. Selamat untuk awardnya njih.Semoga makin semangat blogging.

Henny Y.Caprestya mengatakan...

congrats buat awardnya ya mbak Mul!

salam kenal dari henny. ^^

erwinyustiawan mengatakan...

tetap semangat bu..ngeblog juga asik koq..:)

blog anak nelayan mengatakan...

selamat dan tetep semangat

genial mengatakan...

selamet selameettt selameettt..

krisna mengatakan...

waduh anda kali ini salah.

saya ga imut,tapi irengkumutkumut.

tapi makasih buangetz buat awardnya

saya janji akan lebih giat belajar

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Aku baru liat tulisan yang ini,.... maaf yah mbak atik... Mungkin sebaiknya blog mbak pake readmore deh. Nilai peernya 1000