Integrasi Imtaq dalam Pembelajaran Matematika

MENUMBUHKEMBANGKAN
KECERDASAN RUHANIAH (TANSCENDENTAL INTELLIGENCE)
MELALUI PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT

Pemenang Harapan I LKT Integrasi Imtaq -Iptek Tk Nasional 2007

ABSTRAK
Latar belakang penulisan karya ilmiah ini adalah kegelisahan penulis akan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini, di mana terjadi degradasi moral, krisis keimanan dan ketakwaan, merosotnya religiusitas yang tercermin dari berbagai akhlak negatif yang semakin mengancam kelangsungan hidup bangsa, khususnya di kalangan peserta didik.
Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah kurang terintegrasinya iptek dan imtaq. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah memaparkan suatu strategi pembelajaran bilangan bulat melalui pengintegrasian keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, sehingga dapat menumbuhkan kecerdasan ruhaniah (TQ) peserta didik, yang merupakan implementasi dari keimanan dan ketaqwaan itu sendiri.
Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan mengaitkan keistimewaan bilangan dalam Al Quran, terutama bilangan 19 dengan nilai-nilai kecerdasan ruhaniah peserta didik.
Nilai-nilai kecerdasan ruhaniah yang dapat ditumbuhkembangkan melalui belajar bilangan bulat adalah: (1) taqwa, (2) akhlak mulia: jujur, istiqamah (bervisi, kreatif, menghargai waktu, sabar dan tekun, rendah hati dan percaya diri) dan tawakal. Strategi pembelajaran dengan mengintegrasikan Iptek dan Imtaq yan disajikan dalam karya ilmiah ini merupakan pengalaman penulis ditunjang dengan beberapa literatur yang relevan dari berbagai sumber, baik buku teks maupun hasil penelusuran penulis lewat internet.
Model pembelajaran yang disampaikan adalah pembelajaran yang berusaha pengintegrasikan berbagai aspek kecerdasan baik IQ, EQ dan SQ, sehingga dapat menempatkan matematika sebagai bahasa yang menarik dan menyenangkan sehingga mampu menjawab berbagai permasalahan kehidupan, termasuk menumbuhkembangkan kecerdasan ruhaniah peserta didik.

5 komentar:

Euis Kurniawati mengatakan...

Abstraksi yang sangat menarik. Seandainya Ibu postkan lebih banyak lagi saya yakin akan sangat bermanfaat bagi guru matematika yang menginginkan jiwa para siswanya terisi oleh Imtaq bukan hanya Iptek semata. O ya bu, saya minta izin jadi follower blog Bu Mul supaya kita lebih mudah dan cepat berkomunikasi. Terima kasih sebelumnya.

Mulyati mengatakan...

Terimakasih Bu Euis atas comment nya. Dan saya sangat senang dan merasa "tersanjung" kalau bu Euis mau menjadi follower saya.
Abstrak tersebut adalah abstrak LKT Imtag-Iptek Tahun 2007 yang merupakan ajang Lomba pertama kali yang saya ikuti. Alhamdulillah dari 1.492 naskah yang masuk saya mendapatkan juara Harapan I, mendapatkan sejumlah uang, plakat dan sertifikat. Sayang tahun 2008 ini LKT Imtag-Iptek sudah tidak diselenggarakan lagi entah alasan apa. Sejak saat itu tumbuh niat saya untuk 'uji nyali" ikut lomba. Alhamdulillah di sela-sela kuliah sertifikasi tahun 2008 ini saya menyempatkan diri untuk mengikuti 2 even lomba yaitu Lomba Inovatif Pembelajaran (Tk Jateng - Juara III) dan LKG Tk Nasional (Finalis) di Bogor kemarin, sehingga maaf tidak sempat menjenguk Bu Euis ketika di RS.
Sebenarnya saya berniat memposting tulisan saya semunya, tapi sayang saya kesulitan (terutama yang memuat gambar/huruf Arab - jadi rusak) Dan juga sebenarnya saya juga sudah siapkan dalam format pdf. Tapi kok sepertinya saya belum bisa upload semuanya. Mungkin sambil belajar, saya akan coba.
Tetapi saya sudah siapkan softcopy untuk teman-teman peserta Pendidikan Sertifikasi berupa 'oleh-oleh' hasil LKG di Bogor kemarin, termasuk juga naskah LKT Imtaq tersebut. Sekali lagi terimakasih banyak atas kunjungannya. Semoga Bu Euis sehat selalu. Amin.

Dr. Marsigit, M.A mengatakan...

Ibu bisa tanyakan atau utarakan dalam perkuliahan tentang Topik ini. Saya bermaksud memberi komentar tetapi terlalu panjang dan lama. (Dosen: Dr. Marsigit)

Mulyati mengatakan...

Terimakasih pak atas tanggapannya. Insyaalah saat perkuliahan bisa kita diskusikan.

dalia_sholiha mengatakan...

Assalamu'alaikum...
Apakah saya diperkenankan jika ingin melihat semua tulisannya?
jika diperkenankan mohon dikirimkan ke dalia88_sholiha@yahoo.com
terimakasih...
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.