"Oleh-oleh" (Basi)

Microsoft Word - panduan DIklat LS.06.ngomah

MATERI DIKLAT LESSON STUDY

1. Prosedur Pelaksanaan Lesson Study – Drs. Sukirman, MPd

2. Prosedur Pelaksanaan Lesson Study -Suratsih


3. Meningkatkan Keprofesionalan Guru Melalui Lesson Study

4. Strategi Implementasi Lesson Study

5. Penyusunan Perangkat Pembelajaran


Sekitar dua setengah tahun yang lalu, tepatnya tanggal 6-10 Desember 2006 saya berkesempatan mengikuti Pelatihan Lesson Study Angkatan III Bagi Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP seluruh Indonesia di PPPG (sekarang P4TK) Kesenian Jl Kaliurang KM 13 Yogyakarta. Diklat tersebut diselenggarakan oleh Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Direktoratat Jenderal Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) Depdiknas.

Peserta seluruhnya berjumlah 731 orang yang terdiri atas guru berprestasi atau pengurus MGMP Matematika/IPA SMP. Peserta berasal dari 129 kabupaten di 10 propinsi (D I Yogyakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah). Materi pelatihan yang diberikan mencakup kejibakan Direktorat Bindiklat, Lesson study dan langkah-langkah pelaksanaannya, strategi pembelajaran dan desain perencanaannya, dan implementasi pembelajaran, serta pendokumentasiannya.

Pada kesempatan tersebut saya pertama kalinya bertemu dengan rekan saya sekarang di Program Sertifikasi UNY yaitu Ibu Eny Rohayatun, MPd. Pemateri Diklat saat itu adalah Dosen MIPA UNY termasuk Bapak Ibu Dosen Prodi Matematika yang saat ini mengampu di Program Sertifikasi. Yang jelas yang mengampu di kelompok saya antara lain Bapak Drs Sukirman, MPd., dan Ibu Endang Listyani, Bapak Nurhadi, SSi. Sedangkan Dosen-dosen lainnya hanya sempat ketemu di luar forum.

Meskipun sempat observasi ke SMP 2 Depok Sleman, dengan guru model dari sekolah bersangkutan namun saat itu saya masih bingung tentang Lesson Study. Dan parahnya lagi sepulang dari pelatihan itu saya juga kesulitan untuk mencoba menerapkan Lesson Study. Alasan utama, memang belum paham tadi dan kedua di sekolah saya susah sekali mengajak rekan guru untuk berpartisipasi. Jangankan berpartisipasi, saat itupun mereka baru mendengar istilah Lesson Study dari saya. Hingga sedikit pemahaman yang saya peroleh waktu itu hanya tersimpan dengan manis di antara koleksi-koleksi file saya. Barulah saat PKM dengan model Lesson Study di SMP 15 Yogyakarta ini dengan melakukan secara langsung saya dapat lebih paham tentang apa dan bagimana kita melakukan PLAN, DO dan SEE sebagai tahapan dalam Lesson Study.

Meski mungkin sudah basi, beberapa file presentasi yang saya peroleh saya upload di sini semoga bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan yang membutuhkan.


13 komentar:

e-je mengatakan...

makasih bu dah berbagi materinya..
mantap nih..

Mulyati mengatakan...

Sama-sama mas e-je. Makasih dah mampir

Cah nDeso mengatakan...

Salam kenal, saya juga pernah jadi guru. Asyik ya jadi guru, bisa berbagi dengan siswa.

Tetap semangat ya Bu Guru..., bulan April ini saya malahan mau memberi pelatihan bagi guru-guru lagi ttg blogging. Semangat terus bloggingnya. Cerdaskan Indonesia! Tukar link yook...

Mulyati mengatakan...

Salam kenal kembali pak, terimakasih dah mampir...Wah senang sekali kenal penjenengan, berarti saya bisa "meguru" tentang blogging nih... Dengan senang hati tuker linknya... Makasih.

jugangan mengatakan...

PPPG dah di ganti tho bu... Lha plang e sing ning jalan xurang di copot juga ya...wah padahal aku mbiyen nek bali sekolah numpak kol mesti pas mudun ngomong karo kernek e "PPPG pak".

Nek SMP 2 Depok khan mbiyen SMP CC 2 tho bu...

Aku wong djogdja lho bu...
Ibu tinggale ning ndi??? Salam kenal dari saya (jugangan)

Mulyati mengatakan...

Makasih mas apresiasinya.Salam kenal kembali. Saya wong Solo mas, kebetulan lagi ngangsu kawruh di Yogya. Emang sekarang PPPG diubah jadi P4TK biar ndak dipanjangin "Pusat Pelatihan dan Penggemukan Guru"... he..he

Wong Bingungan mengatakan...

Absen sik mbah eh mbak, selamat ya mbak, sampean dapat AWARD BLOG FRIENDLY 2009 dariku, silakan dicek postingku hari ini (27/3/09) dan tentunya harus siap mengerjakan tugasnya. (PR) :D

Jero Budi D. (S2 - P.Mat UNY) mengatakan...

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya bu.
Beberapa hari ini saya cukup banyak kegiatan, ingin sekali untuk menulis artikel tapi selalu saja ada kendala. Tapi sekarang, komentar ibu memberikan motivasi baru untuk menulis kembali. Saya salut dengan perkembangan blog ibu.
Makasi (jero)

Jero Budi D. (S2 - P.Mat UNY) mengatakan...

Terima kasih atas kunjungan ibu ke blog saya.
Saya berusaha untuk menghasilkan tulisan, tapi beberapa hari/minggu ini saya cukup banyak kegiatan sehingga keinginan untuk menulis selalu terhalangi.
Saya akan berusaha untuk upload tulisan secepatnya.
salut sekali dengan perkembangan blog ibu.
Makasi (jero)

Mulyati mengatakan...

Kanggo adhiku sing bingungan....
Maturnuwun yooo mbakyune diuncali award... ben tambah semangat ngeblog ki..

Mulyati mengatakan...

Buat Mas Jero, makasih apresiasinya... Semoga tambah semangat ya..

bunda mengatakan...

Bu Ati, saya membaca hal Lesson Study jadi ingat teman yg memberi tutorial utk guru2. Katanya ini pertama kali berkembang di Jepang ya Bu..
terimakasih sudah berbagi info
salam hangat

Mulyati mengatakan...

Terimakasih Bunda atas kunjungan dan apresiasinya... Memang benar LS pertama kali dikembangkan di Jepang...Di Indo memang PT yang konsen ngembangkan UNY dan UPI... Tapi memang butuh komitmen besar dari para guru-guru sendiri untuk maju... Makasih.